Masih Ingat

Standard

Ini adalah posting catatan Facebook saya tertanggal 28 Februari 2010 pukul 11:45. Saya tulis lagi di sini agar catatan ini tidak lagi tenggelam oleh usia sambil bernostalgia akan kenangan saat di SMA Negeri 2 Jombang. [Hahahaha]

Membuka isi folder yang lama,, sehingga masih ingat ada sebuah puisi dari guruku SMA yang isinya mengingatkanku pada Kalkulus n Aljabar Linear.. Bagi kawan2 yang sedang belajar,, semoga puisi ini bisa menggambarkan bagaimana teori2 Kalkulus dan Aljabar Linear itu jika diimplementasikan dalam sebuah kehidupan pribadi seseorang.. Karena sebelum – sebelumnya ketika aku mendapatkan pelajaran ini,, aku bingung apa manfaat bagiku.. Yah,, paling nggak puisi ini meghibur,, begitu adanya yang kurasakan.. Apalagi untuk mereka2 tipe2 melankolis,, Hahaha.. Bagi kawan2 lama di SMAN 2 Jbg,, masih ingatkah kalian dengan puisi yang dibacakan pada saat hari guru ini??

UNTUK … TERSAYANG

Tiga minggu yang lalu …
Untuk pertama kalinya kulihat kau berdiri tegak lurus lantai
Kulihat alismu yang berbentuk setengah lingkaran dengan diameter 4 cm
Saat itulah kurasakan sesuatu yang lain dari padamu
Kurasakan cinta yang rumit bagaikan invers matriks berordo 5 x 5

Satu minggu kemudian aku bertemu kau kembali …
Kurasakan cintaku bertambah,
bagaikan deret divergen yang mendekati tak hingga
Limit cintaku bagaikan limit tak hingga
Dan aku semakin yakin,
hukum cinta kita bagaikan
hukum kekekalan trigonometri sin 2 + cos 2 = 1

Kurasakan dunia yang bagaikan kubus ini menjadi milik kita berdua
Dari titik sudut berseberangan,
kau dan aku bertemu di perpotongan diagonal ruang

Semakin hari kurasakan cintaku padamu
bagaikan grafik fungsi selalu naik yang tidak memiliki nilai ekstrim
Hanya ada tiitk belok horizontal yang akan selalu naik
kurasakan pula kasihku padamu
bagaikan grafik fungsi tangen (90° < x < 270° )

Namun aku bimbang …
Kau bagaikan asimtot yang sulit bahkan tidak mungkin kucapai
Aku bingung bagaikan memecahkan soal sistem persamaan linear
yang mempunyai seribu variabel dan hanya ada 100 persamaan
Bahkan ekspansi baris kolom maupun Gauss Jordan pun tak dapat
memecahkannya

Mochtar L
Pak Guru Matematika
SMA Negeri 2 Jombang

One response »

Leave a comment