UP(2009) : Sebuah Film “Impian”

Standard

Salah satu film animasi yang saya sukai adalah Up. Entah, mungkin karena latar belakang permasalahan dari cerita film ini yang sederhana : impian.

 

Seorang suami yang ingin sekali mewujudkan impian terbesarnya semenjak kecil bersama istrinya yang telah meninggal untuk pergi ke Paradise Falls, Venezuela, Amerika Selatan. Di awal cerita, tentang bagaimana istrinya meninggalkannya terlebih dahulu, sempat membuat saya termehek – mehek. Apalagi setelah membaca surat dari istrinya

 

 

Film ini mengajarkan bagaimana mencintai setulus hati : mencintai diri sendiri yang ingin mewujudkan impian, pun pula mencintai impian orang yang terkasih. Film ini juga mengajarkan kesetiaan. Mungkin kita juga terlalu banyak melihat wacana di masyarakat, bagaimana sebuah cinta gampang sekali untuk teringkari. Cinta tulus yang diikrarkan dalam sebuah komitmen pun akhirnya kandas dalam kurun beberapa waktu. Sedangkan dalam film ini, cinta seorang suami kepada istri diisyaratkan sebagai sesuatu yang putih, tanpa sebuah warna abuย  – abu, tak pernah terputus hingga kematian yang memisahkan. Kenyataan pahit bahwa ditinggal orang terkasih, malah memberi kekuatan kepadaย  seorang Carl Fredricksen untuk mewujudkan impian danย  memberikannya sebuah “hadiah” sebagai tanda cinta, janji yang telah diikrarkan semasa kecil, impian yang selalu tertanam di dalam hati kepada istri yang dicintainya, Ellie.

Impian yang diwarnai dengan cerita kasih sayang kepada istri, Russell (seorang anak), bahkan kepada hewan pun membuat film ini saya rasa patut untuk ditonton semua keluarga di dunia๐Ÿ™‚ . Yah, paling tidak, adalah yang masih bisa “dilihat dan dirasa” tentang cerita sebuah keluarga daripada berita seputar “kisah tragis” putusnya hubungan antar kekeluargaan tersebut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s