Sebuah “Surat Cinta” dari Paiton

Standard

Hari ini, 2 Juli 2012 seharusnya saya sekarang ada di Paiton untuk kerja praktek. Akan tetapi, nyatanya pagi ini saya masih duduk manis di kursi saya untuk kerja praktek di Versatile Silicon, ITB.  Paiton adalah salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang terkenal di pulau Jawa. Jika anda melakukan perjalanan dari Jawa Timur ke Pulau Bali dengan menggunakan bus, pasti anda akan tahu begitu besarnya pembangkit ini. Ada beberapa alasan, yang mungkin tidak bisa dibicarakan di sini, sehingga saya harus “merelakan” salah satu impian saya untuk kerja praktek di Paiton. Agar tidak terlalu menyesal, dan saya pikir belum banyak yang membahas tentang bagaimana Paiton “menerima” seseorang yang mau KP, maka saya menulis artikel ini.

Sebuah surat cinta dari Paiton, saya ambil dari admin Fakultas Elko IT Telkom tanggal 1 Juni 2012.

dengan persyaratan terdapat pada lembar kedua

Diterima untuk kerja praktek di PT PJB  Paiton, dimana banyak sekali orang – orang yang mendaftar merupakan salah satu kebanggaan bagi saya, walaupun pada akhirnya saya harus merelakan kesempatan ini untuk suatu dan lain hal. Kepada anda yang ingin kerja praktek di Paiton yang harus dilakukan adalah:

1. Buatlah proposal pengajuan kerja praktek dengan mencantumkan bagian divisi kerja yang ingin anda tuju. Pada saat saya membuat proposal bahkan saya mencantumkan judul yang ingin saya buat untuk kerja praktek ini. Intinya adalah anda tahu detail pekerjaan yang ingin anda “selami”.

2. Jangan lupa cantumkan waktu untuk kerja praktek secara mendetail (bukan hanya rentang bulan). Misalnya, seperti saya kemarin mencantumkan pada proposal saya, waktu untuk kerja praktek saya adalah mulai 2 Juli 2012 sampai 10 Agustus 2012. Tidak seperti teman – teman saya yang kebanyakan mencantumkan hanya Juli – Agustus 2012.

3. Dokumen yang perlu dikirim adalah : proposal kerja praktek, Curriculum Vitae (CV), Kartu Hasil Studi (KHS) dari semester 1 hingga semester terakhir.

4. Setelah anda memastikan bahwa file proposal sudah sampai pada Paiton, segera telepon bagian SDM untuk bertanya apakah file sudah diterima dengan memberikan informasi kapan file tersebut dikirim, file tersebut dikirim melalui apa dan atas nama siapa file tersebut.

5. Jangan lupa menanyakan kira – kira kapan ada surat balasan dari pihak Paiton. Biasanya satu bulan sebelum waktu kerja praktek tertulis di proposal, pihak Paiton akan memberikan surat jawaban ke kampus.

Yang perlu anda persiapkan, selain mempersiapkan mental, adalah yang tertera di lembar kedua surat jawaban dari Paiton. Anda hanya perlu melengkapinya dan siap – siap untuk berangkat kerja praktek di Paiton. O iya, untuk informasi saja, di Paiton, terdapat 3 perusahaan : PT PJB Paiton (*kalau tidak salah punya PLN), IP Momi (*Amerika) dan yang terakhir dari China tapi saya lupa namanya. Jadi kalau anda kerja praktek di Paiton, harus tahu perusahaan mana yang mau anda masuki. Kepada anda yang akan atau sedang kerja praktek saya ucapkan : SEMANGAT SEMANGAT SEMANGAT 😀

16 responses »

  1. kalau boleh tau, kira” kalau mau mndaftarkan pkl di ipmomi ataupun di PJB sendiri apakah alamat yg dituju sama?
    untuk bagian SDM paiton, apa saudara berkenan untuk membagi nomor yg bersangkutan?
    trimakasih :))

    • Halo dzydea! Setahu saya berbeda. Karena perusahaan IP Momi milik Amerika sedangkan PJB milik Indonesia. Untuk bagian SDM Paiton saat itu saya dibantu oleh bapak teman saya yang bekerja di PLN untuk menghubungi lewat telepon. Hm, tapi mungkin anda dapat bertanya di 108 Telkom.

  2. kak maaf saya mau tanya, saya bingung untuk apply proposalnya. proposalnya langsung di kirim via email atau pos ke pjb paitonnya? atau boleh minta cp hrdnyaa paiton kak
    makasih kak

    • Halo Anwar. Saya dulu langsung kirim lewat pos. Alamatnya maaf banget saya lupa. Berkasnya saya caripun tidak ada karena setelah pindahan, saya lupa saya taruh dimana. Hm, mungkin bisa search di google…. Waktu itu seingat saya, saya search di google alamatnya. Keywordnya alamat pjb paiton. Ini barusan waktu saya search yg keluar Jl. Raya Surabaya km 142 Paiton, Probolinggo 67291. Semoga benar. Sekali lagi saya mohon maaf ya…

  3. Assalamualaikum mbk Laura,saya Nanda.apa boleh minta contoh proposal KP nya mbk,buat referensi,soalnya semester depan pingin banget KP disana tp blum punya bayangan.

    • Halo nandaaa…. mohon maaf itu file dokumennya dulu kan aku print, nah yg soft filenya ilang gegara ganti laptop…. udh dicariin di emai juga gak ada. Maaf yaaa.. yang jelas intinya background kamu pengen KP di sana buat apa dan goal apa yg pengen kamu dapetin. Good luck yaaa

  4. selamat malam mbk.. maaf mengganggu, saya ingin bertanya mengenai KP di PJB paiton. yang saya tanyakan adalah ketika saya apply proposal bulan Desember namun waktu KP yang saya ajukan di PJB Paiton itu pada bulan Agustus-September, apakah reply dari pihak PJB Paiton itu sudah pasti 1bulan sebelum Agustus? dan misal saya follow up bulan Januari,Februari dan seterusnya, apakah reply dari Pihak PJB Paiton kemungkinan bisa pada bulan Maret,April yang artinya reply nya tidak 1bulan sebelum KP di PJB Paiton mbk? terimakasih

    • Halo miftakhul.. salam kenal.. waduh, saya kurang tahu kalau itu ya.. tapi sepertinya lebih cepat kirim lebih baik. Karena pengirimannya jauh dan juga kita gak tahu screeningnya berapa lama… maaf ya gak bisa bantu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s